Info Penting

Koleksi Tutorial Blogger Lengkap Sistematis disertai Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda b...

Info Penting

Artikel Terbaru

Tahun Baru Belajar Linux Yuk?

01 January 2012 - - 12

Posting diawal tahun baru 2012, Bismillah... semoga sebagai awal menuju yang lebih baik. amiiin....

Linux sebagai sistem operasi yang bersifat open source (Perangkat lunak sumber terbuka) adalah jenis perangkat lunak yang kode sumber-nya terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan dan disebarluaskan, sumber: wikipedia).

Mungkin saya termasuk  terlambat mempelajari atau menggunakan linux, tepatnya tanggal 24 Desember 2011 kemarin saya baru mencoba menginstal dengan sukses turunan ubuntu yaitu Sabily 11.10 (versi terbaru) dilaptop dell yang sebelumnya sudah terinstal windows vista original jadi saat ini laptop berisi 2 sistem operasi (windows dan linux) karena memang sengaja saya buat dual booting. Sebelumnya saya sudah mengkoleksi linux jenis lain: Mandriva, Jangkar, ubuntu, EasyPeasy, Ylmf_OS_3.0, dan sabily, tapi ternyata terakhir jatuh hati pada sabily. lengkapnya tentang sabily silahkan kunjungi web resminya di sabily.org :)

Proses instalasi linux yang saya lakukan adalah sebagai berikut:
  1. Membuat bootable linux menggunakan flasdisk (hasil download linux dari internet bertype file .iso, ini bisa burn di CD/ DVD tergantung besarnya file, kalau lebih dari 700mb  gunakan DVD, tapi karena saya ingin mencoba-coba dari beberapa koleksi linux yang saya miliki, jadi saya membuat bootable dari flashdisk saja).
  2. Mencoba linux versi live flashdisk terlebih dulu, jadi sistem operasi berjalan tanpa harus menginstal terlebih dulu ke hardisk, hal ini saya lakukan untuk melihat dan mencoba terlebih dulu, linux mana yang akan memikat hatiku. (lebay... hehe....)
  3. Install ke hardisk, untuk proses ini hati-hati ya...? kalau tidak hati-hati dan tidak cermat isi hardisk anda akan lenyap, kecuali laptop anda memang baru, dan hardisk anda masih kosong, its no problem. Untuk proses instalasi di hardisk  InsyaAllah akan saya jelaskan pada posting selanjutnya.
  4. Setelah proses instalasi selesai, kebetulan dirumah ada hotspot jadi langsung bisa terkoneksi internet untuk update dan install plugin yang dibutuhkan seperti untuk menyalakan mp3, video, dll tanpa harus instal modem smart di linux terlebih dulu.
  5. Menambahkan software-software yang saya butuhkan untuk bekerja dan melayani klien mungbisnis.com (seperti: kompozer sebagai pengganti dreamwever di linux, teamviewer untuk kontrol komputer jarak jauh) dan juga Mempercantik tampilan linux dengan software-software keren dan gratis lainya.
  6. Mencoba-coba dan menikmati linux di laptop, walaupun sesekali tetap kembali menggunakan windows karena tuntutan pekerjaan yang harus cepat terselesaikan. :)
Sementara postingnya itu dulu ya...? InsyaAllah posting selanjutnya menjelaskan bagaimana cara membuat bootable linux di flashdisk dan proses instalasi di hardisk.

Saya belum ahli di sistem operasi linux, tulisan ini sebatas sebagai berbagi penglaman dan sebagai catatan pribadi, jika ada kekeliruan silahkan dikoreksi dan mari berdsikusi di kolom komentar. terimakasih, semoga bermanfaat.
Selamat Tahun Baru 2012, semoga tahun ini merupakan tahun kesuksesan kita semua, amiiin...

12 comments

  1. pengen Belajat linux dari kemarin-kemarin bro, but belum sempat.. moga di awal tahun bisa belajar linux.. yhanks share nya gan. moga tambah sukses

    ReplyDelete
  2. boleh ini untuk di coba ya,,
    makasih untuk infonya

    ReplyDelete
  3. @wisata indonesia: oke, selamat belajar. semoga sukses selalu.
    @obat alami: iya, silahkan dicoba. makasih kunjunganya.

    ReplyDelete
  4. postinga terbaru yagan? semoga sukses terus ya,,

    ReplyDelete
  5. saya juga ingin belajar tetapi belum ada temen berdekatan yang sama belajar, jadi merasa terasing... sebenarnya kompi saya sudah doble OS beberapa tahun ini...tapi mau pakai masih minggring

    ReplyDelete
  6. Kalo dibandingin enakan pake yang mana? Window ato Linux?

    ReplyDelete
  7. @Budi S: hehe.... ya sekedar belajar kan tidak ada salahnya, jd sewaktu-waktu dibutuhkan kita sudah siap.
    @Gurumi: kalau enaknya masih tetep enak windows, tp kalau dari sisi keamananya terutama dari serangan virus komputer, informasinya linux lebih unggul.

    ReplyDelete
  8. bagus juga
    jadi bisamenambah wawasan tuh

    ReplyDelete
  9. pengen belajar linux tapi belum familiar...

    ReplyDelete
  10. bagus ya...
    bkin kita friendly gak cuman dgn windows...

    ReplyDelete

Info Terbaru

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog