Info Penting

Koleksi Tutorial Blogger Lengkap Sistematis disertai Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda b...

Info Penting

Artikel Terbaru

Cara Mudah Rekap Nilai Wondershare Quiz Creator

26 February 2013 - - 45

Beberapa postingan beruntun, ini postingan ketiga terkait dengan software canggih Wondershare Quiz Creator (yang belum baca postingan saya yang kemarin, silahkan di tengok dulu: Mudahnya membuat soal online menggunakan Wondershare Quiz Creator 4.5, kemudian postingan berikutnya saya berbagi ebook: Download Ebook Tutorial Membuat Soal Online Gratis).

Pada posting ini saya akan berbagi tips yang cukup membantu saya dalam merekap nilai hasil Ulangan Online peserta didik, semoga tips ini nanti juga bisa membantu, dan menjawab beberapa keluhan akan sulitnya merekap nilai siswa yang masuk email, karena fasilitas yang paling mudah dan gratis berupa laporan hasil kerja peserta didik masuk ke email, kalau menggunakan fasilitas lain harus bayar lagi.

Oke, langsung saja teknik rekap nilai yang saya lakukan adalah dengan menggunakan fasilitas import from email dan export to excel yang sudah disediakan wondershare quiz creator pada menu Manage Result -> Manage Email Result.
Setiap kali peserta didik kita menyelesaikan soal online yang sudah kita buat, maka secara otomatis laporan akan terkirim ke email kita, dan jika anda melihat di bagian paling bawah, disana ada lampiran sebuah file berekstensi .dat contohnya pada gambar dibawah ini filenya adalah result-896015142.dat yang berukuran sekitar 4KB, file .dat inilah yang nantinya bisa diimport dari email yang kemudian kita export ke excel untuk dijadikan bahan rekap nilai hasil Ulangan Siswa.


Pertanyaanya sekarang adalah, haruskah kita mendownload semua file .dat unik tiap peserta didik yang telah kita terima melalui email ?

Jawabanya: Yups betul sekali, kita harus download semua file .dat terlebih dahulu, tapi jangan khawatir, kemarin awalnya saya juga berfikiran, "ya sama saja dong, repot sendiri, harus login email, buka email, download lampiran .dat dst". tapi setelah saya "angen-angen", pasti ada software instan khusus buat mendownload file lampiran email secara cepat, tanpa harus buka tutup email, searching sebentar dapatlah sebuah software gratis bernama Mail Attachment Downloader, dan hasilnya Alhamdulillah cukup membantu mempercepat proses rekap nilai.

Tampilan software saat proses download file dat dari email menggunakan software Mail Attachment Downloader seperti gambar berikut:
Penjelasan tentang software ini bisa anda baca info lengkapnya diposting Software Gratis Mail Attachment Downloader, yaitu penjelasan bagaimana cara instalasi, dan bagaimana cara penggunaan software supaya bisa mendownload hanya file .dat pada kelas tertentu, tanggal tertentu, dll. yang nantinya akan menghasilkan kumpulan file dat seperti pada gambar berikut:


Setelah proses download file .dat selesai, kini saatnya anda import ke Manage Email Result menggunakan Wondershare Quiz Creator, perhatikan gambar berikut:
Klik Manage Result -> Manage Email Result

Klik Tool Import From Email - seleksi semua file.dat yang sudah anda download, dan klik open

Terakhir, klik export to Excel untuk mengedit dan mereka laporan di Ms. Excel.

Hasil di software aplikasi pengolah angka Ms. Excel seperti pada gambar berikut:

Demikian, cara mudah rekap nilai Soal Online Wondershare Quiz Creator 4.5, semoga bermanfaat.

45 comments

  1. Akhirnya dapat juga caranya di sini, makasih pak Mung, sukses selalu!

    ReplyDelete
  2. trims Pak akhirnya yang saya tunggu2 diposting juga..semoga kedepan dapat menemukan cara yg lebih muda legi he..he.

    ReplyDelete
  3. trimakasih pak Mr Mung atas infonya...sangat membantu

    ReplyDelete
  4. Hello, this weekend is nice in support of me, since this point in time i am reading this
    fantastic informative paragraph here at my home.

    my website Webdesign

    ReplyDelete
  5. Tertawa itu menyenangkan orang dan membuat awet muda

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah infonya berguna bagi orang banyak Amin

    ReplyDelete
  7. Ι beliеve that is аmοng the sο much vіtal info for me.
    And i am satisfied readіng youг article.
    Howevеr shoulԁ obѕerνаtіοn on few
    bаsiс issues, The wеbsitе taste is great, the artiсles is in point of
    faсt excellent : D. Just гight аctivitу, chеeгs

    Нere іs my ωebsіte - Crear Web

    ReplyDelete
  8. Terima kasih ya gan infonya semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Terimakasih pak infonya, ini yang saya cari "merekap nilai dari quizcreator"
    Tolong panduannya ebooknya dikirim email saya pak.Saya registrasi tadi tidak bisa.

    ReplyDelete
  10. Apkah haruskah kita mendownload semua file .dat unik tiap peserta didik yang telah kita terima melalui email ? tidak
    penjelasannya disini. Terimakasih
    Salam kenal dari saya.

    ReplyDelete
  11. Mohon penjelasan pak.
    mengapa file *.dat yang sudah didownload, saya guanakn edmodo diinformasikan bahwa filenya:
    invalid File Format?
    mohon infonya ya bu.

    ReplyDelete
  12. iya, mohon pencerahan untuk file .dat yang sudah di download tidak dapat di import ke manage result, muncul "invalid file format" ...

    ReplyDelete
  13. @Goodman: file dat setiap siswa berbeda, jd harus didownload 1-1 makanya sy gunakan software pihak ke3 untuk mempercepat proses downloadnya.
    @nur hasan, @Goodman:
    Silahkan Gunakan software yg sama buat membaca file datnya, file dat yg dihasilkan dari wondershare, baca jg menggunakan software wondershare, kemudian pastikan saat membuka software wondershare quiz creator, komputer anda tidak terhubung keinternet, kecuali software anda software berlisensi resmi.

    ReplyDelete
  14. sudah sy coba pak, tetapi belum bisa juga, mungkin harus mengunakan lisensi resminya atau ada aplikasi yg tidak terbentuk dengan sempurna ...

    ReplyDelete
  15. Silahkan coba kirim ke email saya, nanti sy cek dg software berlisensi resmi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini mas filenya :
      result-73498197

      Delete
    2. Kasusnya sama, sekarang saya juga mengalami hal itu, file result .dat nya ukuran filenya hanya 1kb, jadi sudah dipastikan bermasalah. silahkan di cek lagi saja, kalau file .dat nya berukuran lebih dari 1kb, misal 4kb berarti file bisa di import.
      saya sudah kontak pihak pengembang, jawabanya memang masih dicari penyebabnya, sampai sekarang blm ada solusi.

      Delete
  16. Semua file .dat hasil kuis murid dengan quizcretor sudah saya download dengan Software Gratis Mail Attachment Downloader, tetapi file .dat invalid di quizcreator. Mohon bantuannya ya pak agar file .dat dapat dibaca di quizcreator dan saya bisa merekap hasil kuis murid. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa kali saya kontak ke developer, dan sampai sekarang blm ada perbaikanya. sekarang sy juga mengalaminya, file dat yg di download dr email hanya berukuran sktar 1kb, seharusnya lbh dari 1kb. makanya data invalid.

      Delete
    2. Saya juga mengalami hal yg sama, ketika diimport ke QC komentarnya INVALID FILE FORMAT dan ukuran file sama yaitu 1 KB.
      Tolong share ya yang punya solusinya...

      Delete
    3. Sampai sekarang belum ada solusi dari pihak developer WQC, coba baca jawaban-jawaban di komentar pengunjung lainya. :)

      Delete
  17. @Goodman Siadari: silahkan kirim ke email saya admin@mr-mung.com salah satu file dat yang sudah anda download. nanti saya cek bisa kebaca atau tidak di software yg saya gunakan.

    ReplyDelete
  18. apa invalid file formatnya sudah ada cara memperbaikinya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ada info perbaikanya dari pengembang, terakhir saya menghubungi pihak pengembang, diminta bersabar menunggu solusinya. :)

      Delete
    2. Pak apa sudah ada ya solusi untuk merekap nilai tersebut? Mohon infonya pak kebetulan saya sdg melakukan penelitian menggunakan software tersebut.

      Delete
  19. Terakhir saya contact wondershare terkait masalah file .dat yang bermasalah jawabanya seperti ini:
    ========================
    07 by 许萍萍 2013-09-05 18:42:58
    Dear Amin,

    Thanks for your patience and understanding.

    We know our program is not perfect, but we are keeping on making great efforts to enhance our program’s quality and continue to release new versions to advance our program’s performance. Many thanks for your kind understanding. If you have any other queries or suggestions about our products, please also feel free to let us know. We are always here at your service.

    Have a nice day.

    Best Regards
    Amy
    Support Team
    Wondershare Software
    http://support.wondershare.com#10251
    ========================
    09 by 许萍萍 2013-10-05 17:07:40
    Dear Amin,

    Glad to hear from you again.

    For the present, I'm sorry we can't provide the positive date for you. Once there is any updates, the program will remind you automatically, and it is free. I will keep you posted.

    Best Regards
    Amy
    Support Team
    Wondershare Software
    ======================
    Hari ini saya sudah menghubungi lagi, karena saya juga butuh solusi masalah ini, tinggal nunggu jawaban kembali.

    ReplyDelete
  20. Di dalam email tertera User ID tapi tanpa nama siswa, bagaimana caranya mengetahui bahwa user ID tersebut milik nama siswa yang bersangkutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya saya akali seperti ini, jika saat setting soal onlinenya siswa diwajibkan memasukan user id, saat mengerjakan, siswa diwajibkan memasukan email pribadi mereka yg sebelmnya sudah di setting email siswa harus menggunakan nama asli siswa, jika cara pertama ini kurang efektif, pakai cara ke 2, sy biasanya meminta siswa harus memasukan user ID dengan NISsiswa@tik.com (misal: 12345@tik.com ), jd dari NIS itu nanti bisa diketahui siapa nama siswanya. :)

      Delete
    2. sama aja mas, saya masukkan ID: 12345@tik.com pass: 123 sama aja di email yang muncul di kolom user ID nomor-nomor acak, bisa kasih contoh mas

      Delete
    3. Oooo.... keliatanya td saya salah menyampaikanya, begini yg masuk dilaporan email: diantaranya: user name, user mail: yg sy maksudkan 12345@tik.com, itu untuk mengisi kolom user mail.
      sedangkan untuk file result .dat itu berisi nomor acak dari sistem jadi bukan nomor 12345 sesuai yg dituliskan. namun nanti saat file result .dat bisa diimport ke software dan export ke excel hasilnya sudah tampak user name dan mail user yg berisi nis siswa.
      (namun perlu diketahui, sampai saat ini teknik rekap praktis ini blm bisa dipraktikan lagi sejak beberapa bulan yg lalu, baca komentar sy diatas).

      Delete
    4. Bagaimana caranya supaya siswa yang sama tidak mengerjakan soal 2x

      Delete
  21. Saya juga mengalami hal yg sama, ketika diimport ke QC komentarnya INVALID FILE FORMAT dan ukuran file sama yaitu 1 KB.
    Tolong share ya yang punya solusinya...mfsyarif@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Agan mr. Mung mohon info terbaru perihal file xxx.dat yg invalid

    ReplyDelete
  23. apanya kira kira BERMASALAH kalau tidak mau terkirim ke email.. pada akhir ujian hanya tertulis sending email....tapi Tak Kunjung tersending (terkirim e-mail ) sya pakai versi 4.1 pada sekitar bulan desember 2015 masih bisa terkirim....

    ReplyDelete
  24. apanya bermasalah pada saat uji coba statusnya di web browser hanya SENDING EMAIL tapi tidak terkirim ke E-MAIL kita, pada hal desember 2015 kmarin Masih bisa terkirim ke email saya, terus saya coba kmarin (maret) kok tidak bisa lagi pada hal soal ujianya sama saja. mohon solusinya..terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  25. maaf pak apa sudah ada yah solusi untuk merekap nilai,,soalnya file dat yg akan didownload cuma 1kb.
    Mohon infonya pak kebetulan saya sdg melakukan penelitian menggunakan software tersebut.

    ReplyDelete
  26. Ini publishnya yg on line ya bru bsa liat databsenya atau gmna? Mhon pencerahannya

    ReplyDelete
  27. Apakah sdh ada solusinya untuk merekap nilainya? File lampirannya msh 1 kb..! Help me!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wondershare keliatanya sudah tidak melanjutkan lagi pengembangan aplikasi wondershare quiz creator, jadinya masalah file .dat belum ada solusi sampai saat ini.

      Delete
  28. Agar kita tahu nama siswa dan kelasnya bagaimana yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan saat membuat soal online anda sudah mensetting kolom penulisan identitas siswa, dan juga setting email penerima laporan hasil, jadi nantinya anda bisa melihat di email laporanya.
      atau lebih praktis menurut saya gunakan google form utk membuat soal online: https://www.mrmung.com/2018/09/panduan-membuat-soal-online-di-google-drive-batasan-waktu.html

      Delete

Info Terbaru

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog