Info Penting

Koleksi Tutorial Blogger Lengkap Sistematis disertai Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda b...

Info Penting

Artikel Terbaru

Mudahnya Membuat Soal Online Menggunakan Wondershare Quiz Creator

22 February 2013 - - 9

Soal online suatu istilah untuk mendefinisikan sebuah evaluasi peserta didik yang disajikan dalam media online internet atau intranet. Jika menggunakan Internet maka evaluasi mata pelajaran tertentu yang diberikan kepada peserta didik dapat diakses diberbagai tempat, tidak mengenal jarak dan waktu, jauh lebih fleksibel dibandingkan evaluasi dengan menggunakan soal tertulis seperti biasanya, walaupun dalam hal-hal tertentu soal menggunakan media kertas, soal tertulis tetap dibutuhkan.

Bagi anda yang berlatar belakang pendidikan IT, atau anda yang suka belajar IT tentunya dalam membuat soal online menggunakan berbagai pilihan aplikasi kesukaan bisa dilakukan tanpa ada kesulitan yang berarti, namun bagi anda yang berlatar belakang bukan IT, atau anda yang baru mengenal dunia IT, tentu akan cukup sulit untuk membuat sebuah soal online dengan berbagai model soal baik itu model multiple choice (pilihan ganda), atau soal model benar salah, model menjodohkan, dan berbagai model soal lainnya.

Wondershare Quiz Creator, ya.... software ini yang sudah sejak lama saya pribadi idam-idamkan, sebuah software aplikasi pembuat Soal, Quiz, yang canggih, mampu menjawab berbagai permintaan jenis soal, yaitu:
  1. True/False : Soal Benar/Salah (B-S)
  2. Multiple Choice : Pilihan Ganda, hanya satu yang benar
  3. Multiple Respone : Pilihan Ganda, dengan banyak yang benar
  4. Fill in the Blank : Soal isian
  5. Matching : Menjodohkan
  6. Sequence : Soal yang saling berkaitan
  7. Word Bank : Mengisi titik-titik/ melengkapi kalimat
  8. Click map : Memilih gambar
  9. Short Essay : Isian singkat
Sembilan model soal yang menurut saya sudah lengkap, apalagi dalam penggunaan software ini benar-benar user friendly, sangat mudah untuk digunakan walaupun anda seorang pemula dalam dunia komputer sekalipun, anda bisa melihat contoh-contoh pemanfaatan soal online dalam pembelajaran di Blog Guru TIK, saya biasa menggunakan soal online ini untuk evaluasi mata pelajaran yang saya ampu, bagi Guru dengan soal online ini tentu  sangat terbantukan, dan saya amati para peserta didik juga begitu antusias dalam memanfaatkan soal online ini, karena dengan bantuan software ini Guru bisa mendapatkan laporan langsung yang dikirim secara otomatis ke email, sedangkan bagi siswa bisa langsung mengetahui hasil perolehan nilainya, dan bisa juga langsung mengetahui jawaban yang berfungsi sebagai koreksi atas kesalahan dalam menjawab soal online.

Bagaimana cara mendapatkan software yang canggih ini? 

Tentunya kita harus ingat, pembuat software aplikasi ini sudah bekerja siang dan malam menciptakan alat yang canggih dan membantu kerja kita,  menjadikan kegiatan pembelajaran jadi menarik dan menyenangkan, software ini bisa anda dapatkan dilink baner bawah tulisan ini, anda bisa mendownload versi trial terlebih dulu untuk mencoba kehebatanya, dan jika anda sudah membuktikan kehebatan dan kecanggihannya, mendapatkan software secara legal dengan cara membelinya disitus resminya tentu akan lebih baik dan menambah keberkahan dalam hidup anda.


Semoga Bermanfaat.

9 comments

  1. mantap Mr Mung..cuma lainkali dikasih juga tutorial membuat soal dengan Wondershare Quis Creator,dan juga cara mempublishnya..lewat hosting gratis atau yang berbayar..
    Sukses selalu Mr..Mung

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah tak buat pak modulnya, dan modul sudah tak pakai buat kegiatan diklat bapak ibu guru di SMP N 1 Kaliwungu, dan InsyaAllah siap di upload versi pdfnya, cuma untuk posting ini memang khusus ndongeng dulu. :)

      Delete
  2. @Sukasmo: sudah tak buat pak modulnya, dan modul sudah tak pakai buat kegiatan diklat bapak ibu guru di SMP N 1 Kaliwungu, dan InsyaAllah siap di upload versi pdfnya, cuma untuk posting ini memang khusus ndongeng dulu. :)

    ReplyDelete
  3. sekalian mas tutornya mas buat data base nya

    ReplyDelete
  4. Mas saya ada sedikit masalah dengan software ini. Mengenai bagian pengacakan soal. saya sudah set random soal termasuk saat di publish nantinya. Saat dipreview soal teracak dengan benar, tetapi mengapa saat dipublish, tampilan soal tidak teracak, saya berulangkali mencoba mengulang kembali, sama saja soal tidak bisa teracak, Mhn pencerahannya. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diulang lagi setinganya, dan coba publish kembali. seharusnya kalau sudah disetting random, hasil publishnyapun bisa random.
      http://prntscr.com/87xyrj

      Delete
  5. gan tau gak yang berbasis offline?
    makash

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini sebenarnya juga offline, cuma di onlinekan saja.

      Delete

Info Terbaru

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog