Info Penting

Koleksi Tutorial Blogger Lengkap Sistematis disertai Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda b...

Info Penting

Artikel Terbaru

Hati-hati Hacker Mengintai Website Anda

09 March 2012 - - 13

Posting kali ini saya hanya mengingatkan kepada rekan-rekan blogger, terutama yang menggunakan selfhosting (hosting sendiri), dan biasanya yang menggunakan CMS Wordpress.org, Joomla, dan CMS lainya. Pada dasarnya sebenarnya CMS tersebut memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi, tapi karena kelalaian dan kurang cermatnya pengguna itu sendiri dalam menggunakan plugin-plugin tambahan yang awalnya berniat mempercantik atau memenuhi kebutuhan webblog tapi kadang justru sangat membahayakan web/ blog kita.

Berikut screenshot CPANEL Hosting saya yang kena hack orang yang tidak bertanggung jawab yang tampak pada hasil upload file si hacker tanggal 25 Februari 2012, semua subdomain (sekitar 10 subdomain aktif) dibabat habis, yang tampak hanya berupa folder kosong.


Tampilan web saya yang kena hack menjadi seperti pada gambar dibawah ini, ada tulisan Syetan di gambar yang menjadi background hacker tersebut, sungguh...  terrrrlaaalu!!!
Webblog yang  kena hack beralamat di http://mungs.biz dan sampai tulisan ini saya buat, kondisi masih belum berubah, karena memang saya biarkan saja sekalian, buat kenang-kenangan pahit, webblog berisi lebih dari 350 artikel hilang semua, :(

Maka dari itu, berhati-hatilah teman-teman blogger sekalian, Hati-hatilah! mungkin ada Hacker Jahat yang sedang Mengintai Website andalan Anda, untuk mengantisipasi atau paling tidak meminimalisir kejadian serupa berikut ada beberapa tips menarik yang saya copy dari web idtutoria  yaitu tentang tips memilih plugin wordpress.
Ada beberapa yang sekiranya dapat menjadi pertimbangan anda dalam memilih suatu plugin :
  1. Perhatikan apakah plugin tersebut kompatibel dengan versi wordpress yang anda gunakan atau tidak. Untuk plugin yang terdaftar di wordpress.org, disana diberikan informasi yang tentang batas kompatibel pemakaian plugin tersebut sampai wordpress versi berapa. Apabila keterangan yang ada tidak menuliskan sampai ke versi wordpress yang anda gunakan, anda wajib mempertimbangannya karena kemungkinan bisa menimbulkan dampak yang negatif bagi blog anda.

  2. Perhatikan jumlah keterangan yang ada, semakin banyak yang mengatakan itu bekerja dengan baik berarti kemungkinan plugin tersebut tidak ada masalah. Sebaliknya, apabila banyak orang yang mengatakan bahwa plugin tersebut tidak bekerja untuk blog mereka, maka kemungkinan besar plugin tersebut bermasalah.
  3. Perhatikan jumlah rating (dilambangkan dengan bintang) untuk plugin tersebut, semakin banyak jumlah rating berarti semakin terpercaya.

  4. Kunjungi halaman dari pembuat plugin tersebut, apakah dia support akan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan atau tidak.
  5. Perhatikan versi PHP yang diperlukan, ini ada kaitannya dengan penggunaan versi PHP yang digunakan hosting anda.
  6. Dan indikator-indikator lainnya.
Semoga web/ blog anda tidak mengalami seperti apa yang terjadi pada salah satu blog saya, dan semoga cukup sekali ini saja, dan tidak ada kejadian serupa dimasa mendatang, amiiin....

13 comments

  1. @Gejala Diabetes: dipulihkan bagaimana? sudah dibabat habis alias udah kosong isinya, kecuali sudah pernah di full backup sebelumnya, baru bisa di kembalikan lagi.

    @Kuswan: yg sudah kadung dibabat habis dan kebetulan blm sy backup ke PC rumah, ya udah diikhlaskan saja, kalau yg sudah pernah saya backup sudah sy pasang lagi.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sharingnya, semoga terus berkembang ilmunya :)

    ReplyDelete
  3. Wah, hacker yg gini kejam amat, sampai database nya dihapus.
    Saya juga pernah kena hack, masih untung cuma di deface ...

    ReplyDelete
  4. huh kurang kerjaan tuh emang....sebel

    ReplyDelete
  5. maturnuwun kang infone ,karo aku mandan di warai lah kang

    ReplyDelete
  6. alhamdulilah sangat membantu matur suwun ya karo madan di warai la (by: wonk kincank)

    ReplyDelete
  7. @Mr. Kencleng: keren.... Yadi ya...? kanca2 liane endi pada?

    ReplyDelete
  8. Kemarin salah satu blog wp saya kena serangan dan alhamdulillah sudah kembali aman
    terima kasih atas share di atas, saya akan makin waspada terutama saat menginstall plugin tertentu di blog.

    ReplyDelete
  9. mkasih bnget mas infonya..saya msti berhati2 niihh kayanya..

    ReplyDelete
  10. Kalo blog kita kena hack, bisa dibantu sama penyedia hostingnya nggak?

    ReplyDelete
  11. @Roni: biasanya dibantu semampu penyedia hosting, walau ada juga penyedia hosting yg tidak bertanggung jawab atas kejadian2 seperti itu.

    ReplyDelete
  12. kalau pakai hostingnya blogspot bisa ga yah di hakc? :)

    ReplyDelete

Info Terbaru

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog