Info Penting

Koleksi Tutorial Blogger Lengkap Sistematis disertai Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda b...

Info Penting

Artikel Terbaru

Computer Network atau Komputer Jaringan

01 January 2009 - - 7

Bingung mau posting apaan, akhirnya inget o..iya blog ini kan emang tentang education, kenapa musti bingung mau posting. Padahal yang namanya education atau tentang pendidikan itu sungguh luar biasa luasnya so ini aku pengen mulai menulis mulai dari sedikit demi sedikit tentang computer, jaringan computer klasifikasi jaringan computer dan mungkin akan lebih luas lagi, yah idep-idep sambil belajar, mengingat kembali materi kuliah yang pernah di dapet.

Kita mulai yuk…? بسم الله الرحمن الرحيم

Computer Network atau lebih dikenal dengan istilah Komputer jaringan merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. (sumber wikipedia)

Tujuan dari jaringan komputer adalah:

  1. Memberikan kemudahan dalam sharing data Yaitu adanya fasilitas untuk saling tukar/ambil data dari komputer satu ke komputer lain secara langsung tanpa melalui disket/flasdisk.
  2. Memberikan kemudahan dalam sharing printer Yaitu kemudahan untuk melakukan printing langsung dari semua komputer walaupun komputer tersebut tidak terhubung langsung dengan printer.
  3. Memberikan kemudahan dalam sharing Internet Yaitu memungkinkan penggunaan internet bersama – sama dengan satu modem.
  4. Memberikan kemudahan dalam mengontrol komputer lain Yaitu fasilitas untuk melihat, mengendalikan ataupun mematikan (Shut Down) dari komputer server, sehingga memudahkan guru dalam mengontrol hasil pekerjaan murid-murid tanpa harus selalu berkeliling kelas (cukup dilihat dari komputer server).
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service ). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client ) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server ). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Klasifikasi Jaringan Berdasarkan skala :
  • Personal Area Network (PAN)
  • Local Area Network (LAN)
  • Metropolitant Area Network (MAN)
  • Wide Area Network (WAN)
  • Interplanet Network (IPN)
Dah... itu dulu ya.., penjelasan masing masing klasifikasi jaringan di atas Insya Allah segera menyusul.

Semoga bermanfaat.


7 comments

  1. Wah Mr mung pinter nih...keep sharing ya Mr mung, saya juga lagi belajar jaringan

    ReplyDelete
  2. @lookj: Amiiin... semoga bener2 pinter. hehe... InsyaAllah, ini aq jg msh bljar, lumayan lho... buat jaringan di sekolah2 setting per PC min 50 rb. kalau ada 40 PC.. lumayan kan..?? bisa buat nambahi modal. hehe...
    @Pak Guru Umar: makash doanya... Sukses selalu juga buat pak guru di tahun 2009 ini.

    ReplyDelete
  3. Sip markusip. Mr. Mung,lain kali tolong bahas lebih detail mengenai jaringan internet ya. Saya yakin banyak sekali blogger yang sebetulnya ga tau tentang jaringan internet,hanya mampu bikin blog aja. Mudah2an bisa menambah wawasan blogger Indonesia. Success for you Mr. Mung:)

    ReplyDelete
  4. keren mas.. apalagi adsense nya nih.. udah bahasa indonesia

    ReplyDelete
  5. thanks infonya mas,,salam kenal..

    ReplyDelete
  6. ..sip dah? ... eh ada tips "KEBERUNTUNGAN" di sebelah mas...

    ReplyDelete
  7. @for All: Thx. sukses selalu...

    ReplyDelete

Info Terbaru

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog