Info Penting

Koleksi Tutorial Blogger Lengkap Sistematis disertai Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda b...

Info Penting

Artikel Terbaru

Konversi “Text” ke “Number” dalam Cell Microsoft Excel

01 November 2008 - - 1

Suatu ketika mungkin kita menyalin data ke dokumen spreadsheet dimana suatu data dalam cell yang dimaksudkan sebagai bilangan (number) masuk sebagai teks (text). Kasus lainnya data-data bilangan tersebut awalnya memang diformat sebagai text dan saat ini kita menginginkannya benar-benar sebagai number. Alasannya, apabila suatu penulisan bilangan terformat sebagai teks, ketika diubah format number-nya maka tidak terjadi perubahan sesuai yang diinginkan, karena format number tersebut akan berlaku hanya jika format asalnya adalah number.


Microsoft Excel

Dalam Microsoft Excel 2003, untuk keperluan konversi dari text ke number sudah diakomodasi dengan baik. Ketika suatu cell berisi angka-angka namun terformat sebagai text, maka pada sebelah cell tersebut muncul semacam peringatan yang ditandai dengan tanda seru (”!”), dan untuk melakukan konversi , seleksi semua cell yang dimaksud, klik pada tanda peringatan yang berada disebelahnya dan pilihlah Convert to Number.

Cara lainnya dan khususnya untuk Microsoft Excel versi sebelumnya, untuk melakukan konversi dari text ke number dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Pilih suatu cell kosong, isi dengan angka 1 (number).
  • Copy cell tersebut (yang berisi angka satu).
  • Seleksi cell-cell yang akan dikonversi, klik kanan pilih Paste Special..
  • Pada opsi Paste Special.., pada bagian Operation, pilihlah Multiply.
  • Tekan OK untuk mengakhirinya.
ref. from maseko

1 comment

Info Terbaru

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog