Info Penting

Koleksi Tutorial Blogger Lengkap Sistematis disertai Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda b...

Info Penting

Artikel Terbaru

Membuat Website Keren Wordpress Self Hosting dengan SSL Gratis

06 June 2018 - - 4

Membuat Website Keren Wordpress Self Hosting tidaklah sulit, hanya butuh waktu beberapa menit saja, website dengan menggunakan CMS (Content Management System) Wordpress salah satu CMS terpopuler, canggih dan memiliki sistem keamanan yang kuat saat ini akan terinstall pada hosting anda dan bisa diakses dari manapun di seluruh Dunia.

Membuat website yang keren didukung dengan sistem keamanan yang kuat zaman dulu akan membutuhkan biaya yang tinggi, karena selain harus membayar programer juga harus menyewa web hosting sebagai tempat penyimpanan website yang tidak murah, bahkan harus merogoh kocek yang cukup dalam. Namun.. saat ini anda tidak perlu mengkhawatirkan akan hal itu, membuat website yang keren dan canggih sangatlah mudah, dan cepat dengan anggaran biaya yang semakin lama semakin murah dan sebagai pengguna akan terus dimanjakan dengan berbagai fitur keren dan canggih dari penyedia hosting baik hosting lokal/ Indonesia maupun hosting luar negeri.


Salah satu penyedia web hosting lokal yang saya rekomendasikan adalah Niagahoster, saat ini menyediakan fitur keren berupa auto install Website WordPress secara gratis pada paket hosting yang anda beli. Jadi anda tidak perlu lagi menginstall sendiri CMS Wordpress ini, anda cukup memilih paket hosting yang sesuai dengan anggaran yang anda siapkan, kemudian memberi centang pada fitur Auto Install Website, dilanjutkan dengan membayar tagihan paket hosting murah yang anda ambil, dan siap-siaplah mendapatkan informasi di email bahwa akun anda sudah aktif beserta informasi website anda yang sudah terinstall secara otomatis, keren bukan...?

Website keren dengan menggunakan CMS Wordpress yang otomatis terinstall di web hosting anda ini belum menggunakan protokol HTTPS yang saat ini lebih disukai  mesin pencari Google, bahkan browser tertentu seperi mozilla firefox akan langsung mendeteksi sebagai situs tidak aman jika website tersebut belum menggunakan protokol HTTPS.

HTTPS menggunakan secure socket layer (SSL) sehingga ada kelebihan dibagian keamananya. Saat ini google lebih menyukai website yang sudah menggunakan SLL pada protokol HTTPnya. Kenapa lebih disukai, dikarenakan HTTPS dapat menjamin keamanan dalam Autentikasi server dan  juga mampu menjaga kerahasiaan data dan integritas data.
Oleh karenanya supaya website yang sudah terinstall otomatis pada web hosting anda ini semakin keren dan memiliki sistem keamanan yang lebih kuat, maka pada kesempatan ini akan saya bahas bagaimana cara mengaktifkan fitur SSL Gratis yang sudah disediakan web hosting murah ini.

#1. Login CPANEL hosting anda
Silahkan login CPANEL hosting anda dengan menggunakan user dan password yang sudah diberikan:


#2. Mengaktifkan fitur SSL Gratis
Ketik SSL pada kolom pencarian di halaman CPANEL hosting anda, kemudian klik icon Lets Encripts SSL.


Kemudian anda klik Issue dan klik tombol Issue dibawah




Maka akan muncul informasi sukses menginstall SSL seperti berikut:

#3. Login WP-ADMIN website keren anda


#4. Rubah protokol HTTP menjadi HTTPS
Silahkan anda klik menu Setting-General, fokus pada bagian seperti yang saya tandai pada gambar dibawah;


Silahkan anda ganti alamat yang ada dengan menuliskan alamat lengkap dengan protokol HTTPS, hasilnya seperti gambar berikut:


Jangan lupa untuk klik tombol simpan perubahan, Save Changes


#5. Buka website anda, dan lihat hasilnya, Website Keren Wordpress Self Hosting sudah menggunakan SSL Gratis.


Demikian Cara Membuat Website Keren Wordpress Self Hosting dengan SSL Gratis, semoga bermanfaat untuk anda.

4 comments

  1. Sangat menarik informasinya mas, Alhamdulillah web saya juga sudah pakai SSL gratis. Salam Sukses.

    ReplyDelete

Info Terbaru

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog