Info Penting

Koleksi Tutorial Blogger Lengkap Sistematis disertai Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda b...

Info Penting

Artikel Terbaru

Cara Mudah Mengetahui Longitude dan Latitude di Maps Google

22 December 2013 - - 12

Bismillah,
Banyak tulisan di blog ini yang saya tulis karena kebutuhan pribadi, pengalaman pribadi, hasil sharing rekan blogger, atau menjawab pertanyaan rekan-rekan seperjuangan yang memang sengaja saya abadikan di blog tercinta ini, satu sisi dengan mengabadikannya bisa menyimpan kenangan atau mengingatkan kembali untuk masa mendatang, di sisi lain saya yakin hal yang sederhana dan dianggap sepele untuk sebagian orang, bagi sebagian orang lain akan dianggap sangat penting dan sangat dibutuhkan.

Pada tulisan yang saya beri judul "Cara Mengetahui Longitude dan Latitude di Maps Google dengan Mudah" kita akan belajar cara mudah mengetahui Longitude (garis bujur) dan
Latitude (garis lintang) suatu tempat dengan menggunakan 2 software online yang tersedia gratis untuk anda semua.

1. Menggunakan Fitur di Google Maps
Untuk cara ini silahkan anda buka http://maps.google.com dan silahkan anda tuliskan lokasi sekolah, kantor, atau perusahaan anda di maps google, jika belum di temukan di maps.google anda bisa membaca dan mempraktikan posting saya beberapa bulan yang lalu yang saya beri judul "Menambahkan Lokasi Sekolah ke Google Maps", sebagai contoh disini saya menuliskan alamat sekolah tempat saya bekerja saat ini: SMP N 1 Kaliwungu Kabupaten Semarang maka akan tampil seperti pada gambar berikut:


Cara mengetahui longitude dan latitudenya bagaiman?

Silahkan anda klik kanan pada lokasi yang sudah diberi tanda merah di maps.google.com dan klik Ada apa disini? maka akan ada informasi longitude dan latitudenya pada kolom dimana kita menuliskan lokasi sekolah, perhatikan gambar berikut:


Kita akan mendapatkan angka -7.462496,110.618244 itu artinya Latitude (Garis Lintang): -7.462496 dan Longitude (Garis Bujur): 110.618244.

2. Menggunakan bantuan mapcoordinates.net
Untuk cara berikutnya kita bisa menggunakan software online yang disediakan oleh http://www.mapcoordinates.net/en yang data base petanya juga diambil dari maps.google.com, silahkan anda buka alamat websites tersebut, dan langsung saja tuliskan dikolom yang sudah disediakan dan klik tombol Show Location maka akan ditampilkan Latitude dan Longitudenya, perhatikan gambar dibawah ini:

Selamat anda sekarang sudah mendapatkan informasi Latitude dan Longitude secara akurat dengan mudah. Bagaimana, mudah bukan?

Semoga bermanfaat.

12 comments

  1. terima kasih, sudah saya praktikan di web saya Dealer Suzuki Kediri

    Mantap

    ReplyDelete
  2. Anak tanya plk pasal ni,mencabar jgk nak jwb soalan kbat ni.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih mas, cara munculin longiitude sudah saya coba dan berhasil

    ReplyDelete
  4. Saya sudah coba dan berhasil. Tapi saya belum puas mas. Saya ingin ke latitude dan longitude yang pas. Soalnya saya mau memasang pancang

    ReplyDelete
  5. Kalo misalnya cari nya longitude sama lalitude nya itu dari lokasi ini ke lokasi lain gmna ya? Mksih

    ReplyDelete
  6. kalau lokasi salah, sudah ditarik berkali-kali. dipaskan ditempatnya. kok kembali lagi ke lokasi yg salah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya butuh waktu lagi, tidak bisa langsung diapprove google, kadang butuh juga verifikasi dari google, karena berkaitan dg alamat yang sudah pernah terverifikasi.

      Delete

Info Terbaru

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog