Info Penting

Koleksi Tutorial Blogger Lengkap Sistematis disertai Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda b...

Info Penting

Artikel Terbaru

Mengaktifkan Prefix WWW Pada Alamat Website

23 May 2013 - -

Bagi sebagian orang, tampilan alamat website http://namadomain.com, kurang menarik dan menginginkan didepanya tetap bisa tampil dengan WWW, menjadi  http://www.namadomain.com apalagi website tersebut merupakan website perusahaan, website sekolah atau website instansi kadang kala ada yang bilang kurang sip, kurang profesional, kalau tanpa WWW didepannya, bahkan ada yang mengatakan kurang SEO friendly dalam persaingan di mesin pencari. Walaupun infonya penggunaan prefix WWW merupakan pemborosan karena bentuk http:// sendiri sudah menandakan bahwa browser mengakses server HTTP di mesin pada port 80 (selengkapnya anda bisa baca disini).

Pada posting ini akan saya bahas bagaimana cara mengaktifkan Prefix WWW pada awalan nama domain website anda.

Bagi anda yang memanfaatkan software softaculous di cpanel hosting berbayar, langkah mengaktifkan WWW didepan nama domain tentunya sangat mudah, yaitu saat anda instalasi misal cms wordpress anda tinggal pilih http://www pada opsi Choose Protocol seperti pada gambar berikut:

Namun bagi anda yang tidak menggunakan softculous saat instalasi website ke hosting, anda hanya upload langsung ke public_html hosting nada, misal anda menginstal CMS Formulasi untuk sekolah di hosting berbayar yang murah yang akan terjadi adalah alamat website anda akan tampil dengan alamat tanpa prefix WWW.

Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa menambahkan kode berikut didalam .htaccess  website anda


RewriteCond %{HTTP_HOST} !^www\.
RewriteRule ^(.*)$ http://www.%%7bHTTP_HOST%7d/$1 [R=301,L]

 Caranya:
  1. Login ke CPANEL Hosting anda;
  2. Buka file manager dan jangan lupa anda centang Show hidden file hal ini dilakukan karena file htaccess tersembunyi.
  3. Setelah terbuka, silahkan anda klik dan edit file .htaccess kemudian tambahkan kode dibawah ini tepat dibawah kode RewriteEngine On.
    RewriteCond %{HTTP_HOST} !^www\.
    RewriteRule ^(.*)$ http://www.%%7bHTTP_HOST%7d/$1 [R=301,L]
  4. Simpan file .htaccess
  5. Silahkan dibuka melalui browser dengan menggunakan WWW, sekarang anda lihat, WWW nya tidak otomatis hilang kan? tapi tetap bisa tampil mempesona didepan alamat website anda.
PENTING!!!
Backup dulu file htaccess website anda, supaya kalau terjadi masalah, tinggal upload ulang file htaccess yang lama.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:

Info Terbaru

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog