Info Penting

Koleksi Tutorial Blogger Lengkap Sistematis disertai Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda b...

Info Penting

Artikel Terbaru

Membuat Soal Online Isian Singkat

05 March 2013 - - 1

Masih seputar tentang cara pembuatan soal online menggunakan software yang sementara ini masih menjadi andalan saya dalam membuat soal online, yaitu software Wondershare Quiz Creator, pada posting kali ini saya akan membahas cara membuat soal online isian singkat, dengan jenis soal ini, anda bisa membuat soal yang bisa digunakan untuk ulangan harian, atau ulangan tengan semester (UTS).

Oke, langsung saja kita mulai...
  1. Buka Program Wondershare Quiz Creator 4.5 
  2. Klik tool Question, kemudian pilihlah Fill in the Blank
  3. Tuliskan soal, pengaturan jawaban, dan pengaturan skor nilai untuk tiap soal, perhatikan gambar berikut:
  4. Klik OK untuk menutup jendela pembuatan soal Fill in the Blank, klik New Question jika ingin melanjutkan membuat soal dengan model soal yang sama.
Soal isian ini cocok untuk model jawaban singkat, karena software ini akan menganggap benar jika tulisan yang diketik peserta didik sama persis dengan tulisan yang kita masukan di alternative jawaban.

Tipsnya adalah masukkan sebanyak-banyaknya alternative jawaban, yang kemungkinan bisa diketik peserta didik dalam menajawab soal.

Contoh Soal isian singkat dalam soal online:
Soal: Istilah lain perangkat keras adalah….

Alternatif Jawaban yang kemungkinan diketik siswa hal ini sebagai toleransi kemungkinan kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta didik saat mengetik jawaban:
-    Hardware   (tanpa spasi)
-    Hard Ware (menggunakan spasi)
-    Hard wer   (kemungkinan salah ketik)
-    Harwere   (kemungkinan salah ketik)

Semoga bermanfaat.

1 comment

  1. Menurut saya dengan adanya program seperti ini membuat lebih praktis. Tapi kalo dipikir pikir jadi kasian muridnya, kalo maksudnya bener tapi ga ada di jawaban alternatif jadinya salah dong >.<

    ReplyDelete

Info Terbaru

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog