Jasa Pembuatan Blog

Cara Membuat File ISO

Pernahkah anda mendengar kata "ISO" ? bukan iso babat lho ya...?  hehe... ISO yang saya bicarakan disini terkait dengan sebuah file arsip atau file image yang biasa terdapat di CD/DVD. ISO merupakan singkatan dari International Organization of Standardization, merupakan suatu organisasi yang bertujuan menetapkan standar yang digunakan untuk berbagai macam industri.

Kemudahan data-data yang digabung ke ISO image yaitu bisa di-burn (bakar ke CD: istilah untuk mendefiniskan proses memasukan file kedalam CD/ DVD) dengan mudah ke dalam CD/DVD menggunakan CD burning software seperti aplikasi nero dan lainnya. Kegunaan file ISO itu sendiri adalah sebagai media pengarsipan atau backup file dari CD-ROM kedalam harddisk, selain itu file ISO juga sering digunakan untuk pendistribusian software melalui internet, seperti pendistribusian DISTRO Linux melalui internet.


Pada posting kali ini kita akan mencoba membuat File ISO, study kasus saya akan menggunakan Software Windows 7 yang masih tersimpan di DVD, software yang digunakan untuk membuat file ISO adalah software Nero Express 7 dan software ImgBurn.
A. Menggunakan Software Nero Express 7:
  1. Masukan DVD Windows7 anda kedalam DVD ROM,
  2. Buka program Nero Express Essentials
  3. Pilih dan klik Project, Image, Copy. disebelah kanan pilih dan klik Copy Entire CD
  4. Pilih Destination drive: Image Recorder dan klik tombol copy
  5. Tuliskan nama file ISO nya, dan klik Save untuk mulai proses pengcopy-nan file dari DVD/ CD ke komputer kita dalam bentuk file ISO.
  6. Setelah proses selesai, program Nero bisa anda tutup
.
B. Menggunakan Software Image Burn
Untuk software ini bisa anda download disini. Langkah pembuatan file ISO menggunakan aplikasi ImgBurn adalah sebagai berikut:
  1. Setelah software imgburn di download, silahkan anda install terlebih dulu dikomputer anda 
  2. Jalankan aplikasi imgBurn pilih Create Image File From Disc.
  3. Ubah Destination ISO yang akan anda buat (atur lokasi penyimpanan file ISO),
    Klik gambar untuk memperbesar tampilan
  4. Klik icon seperti pada gambar berikut, untuk mejalankan proses pembuatan file ISO dan tunggu proses sekitar 2-5 menit.
  5. Bila proses berhasil, anda akan melihat notifikasi  "Operation Successfully Completed"

  6. Untuk melihat hasil file ISO yang anda buat, silahkan buka direktori seperti pada langkah ke-3.

Setelah anda berhasil membuat file ISO, saatnya anda menginstal file ISO pada flashdisk untuk membuat Instalation Windows 7 Lewat Flashdisk, InsyaAllah berlanjut pada posting berikutnya.

Semoga bermanfaat.

1 Response to "Cara Membuat File ISO"

Terimakasih, anda mau memberi komentar yang nyambung dengan tulisan saya.