Info Penting

Koleksi Tutorial Blogger Lengkap Sistematis disertai Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda b...

Info Penting

Artikel Terbaru

Bel Pelajaran Dan Pengingat Waktu Sholat Otomatis Gratis

19 October 2011 - - 23

Bismillah... semoga setiap langkah dan perbuatan kita selalu dalam Ridlo Allah SWT, dan nantinya tercatat sebagai amal kebaikan kita diakhirat kelak. amiiin...
Bel pelajaran sebagai tanda dan pengingat Guru, karyawan, dan peserta didik sangatlah diperlukan disekolah, namun sering kali banyak keluhan dari Guru maupun Peserta didik, bel terlambat bunyi, bel kecepetan, ini semua tidak lain karena faktor kelalaian manusia, bisa juga karena petugas keburu setor dan asyik di kamar mandi, mungkin karena kesibukan pekerjaan lain, dsb.

Dengan adanya bel pelajaran otomatis ini diharapkan mampu sebagai tanda dan pengingat aktifitas disekolah, madrasah atau pondok pesantren. Bel ini sebenarnya sudah lama saya pakai untuk sekolah-sekolah yang membutuhkan (tentunya kalau mengundang dan meminta untuk menyetingnya jadi gak GRATIS) hehe...

Software yang saya gunakan ini bukanlah software bel otomatis asli, bukan juga software bel berbayar yang banyak ditawarkan di internet, melainkan software gratis yang disediakan di internet, dan tujuan awal software ini dibuat adalah untuk memberi peringatan waktu sholat otomatis dengan menyesuaikan daerah anda masing-masing (pasti sudah tau atau pernah dengar kan?, atau bahkan malah sekarang sudah terpasang di komputer anda? ). Software ini dibuat oleh programer yang luar biasa baik hati, dan sudah diakui dunia persilatan software beliau adalah Ebta Setiawan dari Jogjakarta, nama softwarenya Shollu, anda bisa mendownloadnya langsung disini.

Okeh... langsung saja, mari kita coba membuat bel pelajaran otomatisnya, saya hanya akan memanfaatkan fasilitas tambahan di program shollu ini (semacam alrm) yang bisa disetting berdasarkan hari, mingguan, bulanan dan untuk audionya sudah mendukung .mp3.

Jadi nanti ketika software ini sudah terpasang di komputer yang sudah disiapkan, maka Bel Pelajaran Otomatis dan Pengingat Waktu Sholatpun (suara Adzan yang merdu) akan berjalan secara otomatis.

Masalah model suara dan musiknya sudah saya siapkan, saya sudah rekaman distudio pribadi anda bisa download koleksi audionya nanti hehe... (isinya mulai dari suara bel untuk jam ke 1, jam ke 2, istirahat, sampai waktunya pulang), nanti bisa anda manfaatkan untuk pengingat waktunya, masalah pengaturan musiknya, pemotongan lagu dan sebagainya bisa anda pakai software gratisan audiocity.

Berikut langkah-langkahnya:
  1. Download dan install program Shollu (download softwarenya disini)
  2. Download koleksi audio bel sekolah disini dan buatlah direktory di D:\Musik Jam Sekolah (nama foldernya sementara samakan dulu dengan yang sudah saya buat ya...? yaitu: Musik Jam Sekolah, copy semua audio yang sudah anda download tadi dan masukan kedalam folder Musik Jam Sekolah).
  3. Download dan masukan file Task.dat berikut (klik untuk download) kedalam C:\Program Files\Shollu3\ kalau ada pertanyaan replace, pilih saja Yes. (sebagai keterangan: Task.dat ini merupakan settingan yang sudah saya buat dengan jenis waktu standar, yaitu masuk jam 07.00 dan contoh ini nanti anda bisa edit semau anda sesuai kebutuhan.
  4. Restart komputer, selesai.
Sekarang bel pelajaran otomatis sudah berjalan di komputer anda, dan siap anda sambungkan ke speaker aktif atau langsung ke amplifier dan hubungkan ke speaker / toa biar suara mengema sampai jauh .

Untuk mengubah waktu yang sudah saya buat, silahkan anda perhatikan video tutorial berikut:


Kalau ada masalah atau pertanyaan bisa anda tulis dikolom komentar.
Semoga bermanfaat.

23 comments

  1. boleh juga ni gan biar kita jadi tepat waktu.... :D

    ReplyDelete
  2. patut dicoba nie....
    apalagi kalo kalau waktu shalat subuh,,suka kesiangan...

    ReplyDelete
  3. @Obat paru: kalau waktu sholat subuh kesiangan sama spt yg nulis postingan ini. :)

    ReplyDelete
  4. kalau adzan shubuh si denger tapi mata merem lagi he,he,he...trims infonya..

    ReplyDelete
  5. jadwalnya disimpan langsung dikomputer ya gan/gimana?....
    ane masih belum ngerti,,kalau gitu komputernya harus nyala terus dong.....

    ReplyDelete
  6. pak skrang kok belnya nggak yg pke musiK????

    ReplyDelete
  7. @metta: iya, blm tak bikin lagi. komputere rusak yg kemarin.

    ReplyDelete
  8. Ass. Mr. Mung, trima kasih atas infonya, jgn bosan2 berbagi, smoga diterima amalnya....amin

    ReplyDelete
  9. mas,gimana kalo nama foldernya gak di kasih nama sama kaya yg mas bilang 'musik jam sekolah' soalnya agak aneh,,masih bisa gak mas?

    ReplyDelete
  10. Nice infonya. . .
    Patut d coba nich. . .

    ReplyDelete
  11. gan
    bisa minta source code nya ga?
    ni pake bhsa pemrograman apa ya?
    klo bisa kirim ke mrsopian052@gmail.com
    mksih sebelumnya

    ReplyDelete
  12. @mrsopian: coba baca tulisan diatas sampai tuntas.

    ReplyDelete
  13. siiiip...gan udah tak cba sampe skrng lnacarrrrr..mantapppppp.....

    ReplyDelete
  14. @Anonymous: alhamdulillah... dicoba dimana ya?

    ReplyDelete
  15. video tutorialnya mana nich??

    ReplyDelete
  16. @martono: maaf videonya dalam format image gif, ternyata di hapus google (dirubah jd png sama google), nanti sy cari dulu filenya, kalau ketemu sy upload ulang. maaf ya...? :)

    ReplyDelete
  17. sedat ini sedot itu, matur nuwun...ma smung

    ReplyDelete
  18. Boleh tau gan...pakai aplikasi apa buat nya...

    ReplyDelete
  19. kok kalo saya download taks tadi saya taru di C:\Program Files\Shollu3\ tidak bisa keluar setingan nya mas di pesan tambahan. mohon bantuan nya trimakasih

    ReplyDelete
  20. shollu nya kok gk bs di install di win 10?da solusi?

    ReplyDelete

Info Terbaru

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog