Jasa Pembuatan Blog

Download Alunan Syair Tanpo Waton Karangan Alm. Gus Dur

Sebenarnya syair ini sudah lama dibuat dan sudah beredar luas di kalangan santri, cuma saya pribadi baru akhir-akhir ini menikmati syair ini, saat mendengarkan alunan syair ini seperti di "slentik" dan diingatkan Alm. Gus Dur, semoga beliau (Gus Dur) diampuni segala dosa-dosanya dan di terima amal ibadahnya, di jembarkan kuburnya, dan diterima Allah di tempat terbaik, amiiin....

Bagi anda yang ingin menikmati alunan syair ini, anda bisa mendownloadnya di link yang sudah saya sediakan dibawah ukuran file 10.8 MB.
Berikut syairnya:
Astagfirullah robbal baroya…
Astagfirulloh minal khootooya…
Robbi zidni ‘ilmannaafii’a…
Wawaffikni ‘amalansoliha…

Yarosulalloh salammun’alaik…
Yaarofi’asaaniwaddaaroji…
‘atfatayaji rotall ‘aalami…
Yauhailaljuu diwaalkaromi…

Ngawiti ingsun nglaras syiiran
Kelawan muji maring pengeran
Kang paring rahmat lan kenikmatan
Rino wengini tanpo pitungan 2 x

Duh bolo konco Priyo wanito
Ojo mung ngaji syari'at bloko
Ngur pinter ndongeng nulis lan moco
Tembe mburine bakal sengsoro 2x

Akeh kang apal qur'an haditse
Seneng ngafirke marang liyane
Kafire dewe gak di gateke
Yen isih kotor ati akale 2x

Gampang kabujuk nafsu angkoro
Ing pepaese gebyare ndunyo
Iri lan meri sugihe tonggo
Mulo atine peteng lan nisto 2x

Ayo sedulur jo nglaleake
Wajibe ngaji sak pranatane
Ngo ngandelake iman tauhite
Baguse sangu mulyo matine 2x

Kang aran sholeh bagus atine
Kerono mapan sari ngilmune
Laku thorikot lan ma'rifate
Ugo hakikat manjing rasane 2x

Al qur'an qodim wahyu minulyo
Tanpo tinulis biso diwoco
Iku wejangan guru waskito
Den tancepake ing njero dodo 2x

Kumantil ati lan pikiran
Mrasuk ing badan kabeh jeroan
Mu’jizat rosul dadi pedoman
Minongko dalan manjing iman 2 X

Kelawan Alloh kang moho suci
Kudu rangkulan rino lan wengi
Ditirakati diriyadohi
Dzikir lan suluk jo nganti lali 2X

Uripe ayem rumongso aman
Dununge roso tondo yen iman
Sabar narimo najan pas pasan
Kabeh tinakdir saking pengeran 2X

Kang anglakoni sakabehane
Allah kang ngangkat drajate
Senajan ashor toto dhohire
Ananging mulyo maqom drajate 2X

Lamun prasto ing pungkasane
Ora kesasar roh lan sukmane
Den gadang Allah swargo manggone
Utuh mayite ugo ulese 2X

----------------------------------------------------------
Terjemahan Bahasa Indonesia kurang lebih sebagai berikut :
----------------------------------------------------------
Astagfirullah robbal baroya…
Astagfirulloh minal khootooya…
Robbi zidni ‘ilmannaafii’a…
Wawaffikni ‘amalansoliha…

Yarosulalloh salammun’alaik…
Yaarofi’asaaniwaddaaroji…
‘atfatayaji rotall ‘aalami…
Yauhailaljuu diwaalkaromi…

aku mulai, merapalkan syair
dengan memuji, kepada Allah
yang telah memberikan rahmat dan kenikmatan
siang dan malam, tanpa hitungan (2x)

wahai teman-teman; pria, wanita
jangan hanya mengkaji syariat saja
hanya bisa mendongeng, menulis, dan membaca
pada akhirnya, akan sengsara (2x)

banyak yang hafal qur’an-hadits nya
suka mengkafirkan kepada lainnya
kafirnya diri sendiri tidak diperhatikan
kalau masih kotor hati dan akalnya (2x)

mudah terbujuk nafsu angkara
dalam perhiasan gebyarnya dunia
iri dan dengki atas kekayaan tetangga
karena itulah hatinya gelap dan nista (2x

mari saudara, jangan lupakan
kewajiban mengkaji di semua runtutannya
untuk menebalkan iman tauhidnya
bagusnya pesangon, mulya matinya (2x)

yang disebut shaleh, bagus hatinya
karena telah mapan, ilmu sirri-nya (ilmu rahasia ketuhanan)
lelaku tarekat dan ma’rifatnya
juga hakekat telah merasuk rasanya (2x)

al-qur’an qadim, wahyu yang mulia
tanpa ditulis bisa dibaca
itu wejangan guru yang waskita (ma’rifat)
ditancapkan di dalam dada (2x)

menempel, hati dan pikiran
merasuk di badan, semua jeroan (badan bagian dalam)
mukjizat rasul menjadi pedoman
menjadi jalan masuknya iman (2x)

terhadap Allah yang maha suci
harus berangkulan siang dan malam
ditirakati, diriyadhahi (bersusah-payah)
dzikir dan suluk (jalan menuju tuhan) jangan sampai terlupa (2x)

hidupnya tenang, merasa aman
adanya rasa (aman), tanda kalau beriman
sabar, menerima, walaupun pas-pasan
semua itu ditakdirkan oleh Allah(2x)

mari laksanakan, semuanya
Allah yang akan mengangkat derajatnya
meskipun terlihat rendah tata lahirnya
tapi (sebenarnya) mulia kedudukan derajatnya (2x)

apabila meninggal, nanti diakhirnya
tidak kesasar roh dan sukmanya
di gadhang (sukai-angkat) oleh Allah, surgalah tempatnya
tetap utuh mayitnya, juga kafannya (2x)
Link Download dibawah ini:

16 Responses to "Download Alunan Syair Tanpo Waton Karangan Alm. Gus Dur"

  1. thanks for share Informations ...
    nice syair lagu nya...
    good luck always

    ReplyDelete
  2. makasih.... semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  3. trims mister sudah mengingatkan n sudah saya donlot...
    semoga sukses selalu n TETAP SEMANGAT.

    selamat menunaikan ibadah SHAUM, mohon maaf lahir n bathin

    ReplyDelete
  4. sebagai usulan niih mister... kalo diartikan dalam basa indonesia mungkin akan lebih asyik lagi n bisa di mengerti...., kalo sekarang hanya bisa menikmati syairnya aja n artinya masih meraba-raba...trims

    ReplyDelete
  5. @harto: InsyaAllah nanti saya update yg dalam bahasa indonesia pak. makasih usulanya, dan selamat menunaikan ibadah puasa juga, dan mohon maaf lahir dan batin juga.

    ReplyDelete
  6. Laginya bermakna dalem , sama kya lagunya Emha ainun nadjib .

    ReplyDelete
  7. bagus juga nih lirik nya...
    penuh dengan dakwah..

    ReplyDelete
  8. penasaran nih pengin denger lagu nya....
    ijin download dulu yah mas...

    ReplyDelete
  9. bagus banget nih bro lagu nya....
    bisa mengingatkan kita pada jalan yang benar.

    ReplyDelete
  10. selamat jalan gusdur..semoga di ampuni segala dosa-dosa nya...
    kata-kata dakwah mu akan selalu menjadi panutan kami.

    ReplyDelete
  11. @obat herbal: hehe.... kentara banget nyepam. tp tetap makasih kunjungan dan komentarnya.

    ReplyDelete
  12. MATUR NUWUN MBAH DUR SYAIRE MG BERMANFAAT AMIN....................

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Terimakasih, anda mau memberi komentar yang nyambung dengan tulisan saya.