Info Penting

Koleksi Tutorial Blogger Lengkap Sistematis disertai Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda b...

Info Penting

Artikel Terbaru

Warning! Blog Wordpress Anda Terserang Virus

12 June 2010 - - 8

Bismillah....

Posting diakhir pekan ini sekedar saya ingin bercerita, berbagi informasi dan memberi peringatan kepada para pengguna wordpress atau website lain yang menggunakan hosting sendiri. Sebenarnya sudah beberapa hari yang lalu ada informasi dan peringatan dari rekan blogger lewat chating YM atau via facebook, bahwa salah satu blog bisnis saya MungBisnis.com membawa virus. hmm.... koq bisa ya...? padahal MungBisnis saya buat menggunakan engine blogger.

Informasi ini masih saya abaikan karena memang lagi sedikit sibuk. Selang beberapa hari ada informasi lagi blog http://mungs.biz juga terdeteksi membawa virus. wedew!... dan informasinya virus ini terdeteksi jika PC atau laptop yang digunakan untuk membuka blog tersebut menggunakan anti virus versi pro atau bisa juga menggunakan avast versi free, (soalnya selama ini antivirusku pakai avira free dan smadav jadi keliatan aman-aman saja).

Saya jadi ingat, MungBisnis.com (Jasa Pembuatan Blog Elegant, Keren dan Murah), kenapa terdeteksi membawa virus karena di blog ini saya beri fasilitas pencarian domain yang scriptnya saya taruh di hosting mungs.biz, hmm.... pantas saja... akhirnya saya kontak pihak hosting dan Alhamdulillah dibantu menghapus virus yang ternyata berupa javascript yang terinject kedalam file index.php blog saya. hmm.... sungguh terrrlallu....! ni pembuat virus.

Setelah mendapat informasi cara mencari dan menghapus kode virus ini, segera saya cek file-file index.php yang lain yang terdapat dalam hosting mungs.biz ini. dan memang benar ada beberapa file index.php yang sudah terinject script yang diduga sebagai virus, kode yang diduga sebagai virusnya bisa anda lihat digambar berikut:
Pada gambar diatas setelah kode aneh yang diduga virus kita temui, cukup blok dan hapus saja kodenya, dan simpan kembali file index.php. InsyaAllah blog wordpress anda sudah terbebas dari virus ini.
Oya, sebagai informasi tambahan: 
Dalam mengecek dan menghapus virusnya gunakan File Manager di cpanel hosting anda, jangan menggunakan ftp, dan setelah login di cpanel hosting, segera lakukan perubahan password. Sebagai informasi lainya, virus jenis seperti ini biasanya menginject file-file header.php, footer.php atau index.php.

Semoga bermanfaat, apabila ada informasi dan jurus sakti lain, mohon bisa disampaikan di kolom komentar. terimakasih.

8 comments

  1. Sangat menarik, sekalian tanya :
    1.Apa tandanya blog terinfeksi virus ? apa blog jadi lambat di bukanya ??
    2. Apa virus hanya ada di *.php ?
    3.Sy pakai Kaspersky Internet Security, apa bisa detect virus di blog ?
    Thanks

    ReplyDelete
  2. tandanya kalau antivirus mampu mendeteksi biasanya langsung di block, blog tidak bisa dibuka (ini pengalaman sy ketika menggunakan avast). dan informasinya virus ini menginject file bertype .php dengan menambahkan kode javascript didalamnya. kalau menginject file .html kebetulan blm mengalami, jd blm tau tingkah laku virus ini.

    ReplyDelete
  3. Ok. pengalaman yang cukup menarik. Tapi seharusnya pihak hosting mendeteksi dahulu bahwa di servernya ada virus ya. Thanks atas sharingnya.

    ReplyDelete
  4. dulu punya jokosusilo.com juga terblog oleh avas/avg di komputer saya

    ReplyDelete
  5. kok bisa ya mas,
    cara mencegahnya gimana? kasi tau dung, takyut nih.. :)

    ReplyDelete
  6. Yang engine blogger aman kan Mas? :)

    ReplyDelete
  7. @masyhuri: untuk pencegahan awal, jangan biasakan login dan transfer data ke hosting lewat ftp (cth: file zilla), kalau sudah pernah lewat ftp (cth: file zilla) segera lakukan perubahan password.
    @P Joko: alhamdulillah blog2 utama yg pakai blogger aman.

    ReplyDelete
  8. Ok. pengalaman yang cukup menarik. Tapi seharusnya pihak hosting mendeteksi dahulu bahwa di servernya ada virus ya. Thanks atas sharingnya.

    ReplyDelete

Info Terbaru

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog