Info Penting

Koleksi Tutorial Blogger Lengkap Sistematis disertai Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda b...

Info Penting

Artikel Terbaru

Trik Menyaring Email Masuk di Gmail

30 November 2009 - - 9

Salam super dan Salam Action untuk anda semua, semoga anda dalam keadaan sehat, amiiin...


Sedikit trik ini mungkin sebagian dari anda sudah banyak yang tau, Cuma kadang belum memanfaatkan dengan maksimal. Keinginan saya memaksimalkan trik menyaring email yang masuk ini juga baru kemarin-kemarin, soalnya untuk tugas anak-anak pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) nantinya harus dikirim melalui email pribadi saya, dan untuk mengelola email yang masuk mulai dari kelas 9A, 9B, 9C, 9D dan 9E lumayan membuat pusing kalau gak diakali dengan teknik menyaring-memfilter email yang masuk menjadi beberapa label (folder) sesuai dengan kelas masing-masing.

Okey langsung saja kita mulai, bismillahirrohmanirrohiim....

  1. Login ke account gmail anda atau account email domain anda (contoh disini saya menggunakan http://mail.mrmung.com untuk mengelola email tik@mrmung.com
  2. Kemudian klik pengaturan (setting) dipojok kanan atas, kemudian pada jendela pengaturan pilihlah label terlebih dahulu, disini saya membuat label 9A, 9B, 9C, 9D dan 9E.



  3. Nah sekarang kita mulai menyaring atau memfilter email dengan cara klik pililhan Filter dan silahkan mulai membuat filter email anda. Bisa memfilter dengan email pengirim, email tujuan, subjek email, atau mungkin email yang mengandung kata kunci tertentu, dan email yang tidak memiliki kata tertentu juga bisa di filter.

  4. Kalau sudah di isi, silahkan dilanjutkan ke langkah berikutnya untuk memilih tindakan yang perlu dilakukan setelah email disaring, bisa Tandai sebagai telah dibaca, Beri tanda bintang, Memasukanya ke label, diteruskan ke email yang lain, dihapus, atau larangan memasukan email ke kotak spam.
  5. Pada contoh kasus ini, saya Cuma memasang filter email masuk pada kotak ke (to) dengan isian tik+9A dan saya buat seterusnya sampai dengan tik+9E , dengan cara ini nanti siswa diharuskan mengirim email sesuai kelas masing-masing dengan format email tik+9A@mr-mung.com dan seterusnya.
  6. Selesai, kalau sudah seperti ini, jadi enak kan ngecek email yang masuk tiap kelasnya. Hehe....
Oya, teknik ini juga sudah saya terapkan untuk kelancaran bisnis online yang saya jalani sekarang ini, mengelompokan email konsultasi klien, email order blog. Atau mungkin nanti bisa untuk mengelompokan email langganan artikel dari blog-blog yang diikuti, contoh yang saya terapkan juga kiriman informasi koleksi artikel dari Mr. Action Jokosusilo.


Semoga bermanfaat.

9 comments

  1. wah!info yang bermanfaat insya Allah. makasih mr. mung.

    ReplyDelete
  2. infonya bermanfaat...
    tapi saya bingung nerapinnya mas mung -_-a

    ReplyDelete
  3. @pasutri: makasih kembali atas kunjungannya.
    @andriristiawan: koq bingung? bingungnya dimana?

    ReplyDelete
  4. bagus mas.. artikelnya... terimakasih sudah mengingatkan...

    ReplyDelete
  5. mas... kalau pesan membuat blog dengan themplete seperti blog ini,, biayanya berapa yah...... peminat serius nih....

    ReplyDelete
  6. banyak ilmu yg bisa diserap...
    thank ya..dan lam kenal

    ReplyDelete
  7. bisa nimba sepuasnya kan Pak...
    ilmunya

    ReplyDelete

Info Terbaru

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog