Jasa Pembuatan Blog

Bunyi tiit… tiit… tiiit… Pada Komputer

Bismillahirrohmanirrohiim… segala kegiatan dan perbuatan yang positif mari kita biasakan membaca basmallah…

Pada posting kali ini saya akan berbagi jurus yang sederhana tapi terbukti ampuh tips trik. Kadang kita menemukan kasus komputer yang kita pakai tiba-tiba pas di nyalakan berbunyi tiit… tiiit… tiit… dan gak ada reaksi sama sekali di layar monitor, bagi sebagian orang tentunya langsung panik, apalagi computer yang mau dipakai sangat penting dan ada pekerjaan yang harus di selesaikan secepatnya, akhirnya tanpa pikir panjang biasanya langsung panggil teknisi suruh memperbaiki dan ujung-ujungnya pastinya mengeluarkan biaya. padahal kalau dilihat sang teknisi begitu keliatan sakti sekali, dengan sekali sentuh, langsung jalan normal lagi.

Okey, langsung saja yuk kita mulai saja tips trik service kali ini, ilmu ini sebenarnya sudah lumayan lama saya praktekan, sekitar tahun 2005 lalu, saat mengikuti kursus teknisi di LPK Budiman Semarang. dan kasus yang saya angkat adalah suara tiit... tiit.. tiiit... 3x pada BIOS komputer anda saat anda baru menyalakan komputer.

Kasus ini biasanya terjadi ketika anda baru membawa, memindah atau mungkin membongkar CPU anda untuk di bersihkan dan mungkin menimbulkan goncangan pada CPU, dan kasus yang lain memang sudah saatnya ada yang rusak dan harus diganti pada memory RAM komputer anda.

Pada saat komputer anda berbunyi tiit 3 x coba anda cek pemasangan memory RAM anda dengan cara melepas dan memasang kembali (jangan lupa bersihkan dulu dari debu, bisa gunakan kwas, atau tangan kita juga bisa), karena ada kemungkinan RAM kurang mapan dalam pemasangannya. Apabila masih belum bisa coba lepas, dan gunakan salah satu RAM saja apabila terdapat 2 keping RAM, tapi kalau cuma 1 ya coba pinjem atau pakai RAM komputer lain untuk mengecek komputer anda, besar kemungkinan RAM anda mati, dan harus beli lagi. hehe...

Sederhana dan mudah bukan...?, kita tidak perlu mengeluarkan biaya service lagi, kecuali anda ingin berbagi dan memberi rizki pada teknisi-teknisi. hehe...

Mungkin anda bertanya, lha terus kalau bunyinya banyak atau mungkin tititnya panjang(jangan ngeress....! :D ) bagaimana..?

Nah untuk itu dibawah ini ada beberapa bunyi-bunyian pada BIOS komputer anda:

1 beep sampai 3 beep, ada kaitannya dengan memory. Solusinya pasang ulang RAM atau di coba dengan memory lain.

4 beep, hal ini berkaitan dengan motherboard, Solusinya coba pasang ulang semua kartu tambahan, misalnya sound card, modem, tv tuner, dll tapi bukan vga.

5 beep, untuk suara beep ini biasanya ada kaitannya dengan eror di prosesor atau kartu tambahan. coba telusuri dulu dari kartu tambahan, dengan cara memasang satu persatu. bila semua kartu tambahan sudah di lepas tapi bunyi beep masih ada, berarti eror di prosessor.

6 beep, nah beep yang lumayan banyak ini ada kaitannya dengan motherboard. Coba lakukan seperti pada kasus 5 beep. Jika belum berhasil, berarti siap-siap ngeluarin duit yang lumayan banyak untuk ganti motherboard. hehe...

7 beep, berkaitan dengan error secara umum, Telusuri secara berurutan mulai dari kartu tambahan, prosessor, baru kemudian motherboard

8 beep, ada kaitannya dengan vga. Coba pasang ulang atau coba dengan vga lain. Jika vga komputer anda onboard. berarti anda harus matikan dulu lewat BIOS dan gunakan video card add-on.

9 beep, berhubungan dengan AMIBIOS ROM checksum error. Solusinya sama kasus 7 beep.

10 beep, berkaitan dengan CMOS read/whrite error. Solusinya sama seperti 9 beep.

11 beep,ada hubungannya dengan kegagalan cache memory. Solusinya pun sama persis dengan 10 beep.

Sumber informasi ini saya baca di Buku Troubel shouting.

Okey itu dulu ya... semoga bermanfaat.

19 Responses to "Bunyi tiit… tiit… tiiit… Pada Komputer"

  1. waduh adik kalo komputerku berbunyi tiiit tiiit tiiit mssn mungkin bisa aku buka2 komputernya .. malah aku kira ada lagu tit 3 siapa hendak turut ke bandung surabaya ... hehe wah luar biasa adik punya banyak pengetahuan kuacungkan Jempol deh ....

    ReplyDelete
  2. Trims Mas Mung infonya, smg di computrku ga ada yg bunyi spt itu yaa..., paling juga UPS dari Prolink kalo mo dimatikan bunyi.

    ReplyDelete
  3. @Ibu Titik: iya kadang CPU jg suka nyanyi balonku ada 5, hihihi...

    @harto: iya UPS berbunyi karena sudah gk ada arus yg mengalir melewati UPS ke CPU. punyaku dirumah jg gitu. bunyi tiiiitt... terus... hehe...

    ReplyDelete
  4. ilmu praktis...baru dong lho mas.
    suwun.

    cah banten ex smrg atas

    ReplyDelete
  5. mampir ya...jarang sempatnya nih

    ReplyDelete
  6. wah keren nih tipsnya... sangat membantu yah...

    ReplyDelete
  7. mw beriklan gratis...?? disini tempatnya http://iklan-unik.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Kalo masih terus nge Beep juga buang aja kali ya kompinya

    heheheheehehehehehehehe

    ReplyDelete
  9. kalo 12 beep apa donk mas? kira2 ada apa ga ya... hehehe.. kemarin pc saya jg demikian.. buntyi tiit 3 kali... wah,,,dulu jg pnah inget kalo msslh RAM.. y uda saya tiup2 gt sambil bismilah tentunya.. wusss... akhirnya bisa juga... thanks untuk info beep-beepnya yg sampai 11, moga bermanfaat jika ntar pc ku bernyanyi lg.. :)

    ReplyDelete
  10. Good tips, mas... Tapi saya kurang ngerti. Kalau soal komputer, saya emang gaptek. Hehe..:D
    Salam kenal, mas...

    ReplyDelete
  11. banyaknya bunyi berbeda masalah ya...

    ReplyDelete
  12. ternyata bunyi "tit" ada artinya ya. hhm baru tahu saya.tq

    ReplyDelete
  13. Kirain kalo bunyinya tit tit tit komputernya mau meledak gitu. Serem juga kedengarannya. Makasih tipsnya^^

    ReplyDelete
  14. hehe.... kalau meledak ntar di kirain aliran teroris.

    ReplyDelete
  15. wah kalo bunyi beep2 nya sampe lebih dari 10 kali gimana tuh mas??? bisa2 terjadi ledakan dahsyat tuh nantinya huahahaha :D salm kenal mas mung :)

    Download Kumpulan e-Book Gratis

    ReplyDelete
  16. wah info'a bagus,, bisa perbaikan komputer sendiri ni,,, lumayan gratis heheh!!

    ReplyDelete
  17. ini komputer saya bunyi tiit nya nyampe lebih dari 12...

    ReplyDelete
  18. gan tapi ramnya di coba di komputer lain bisa itu knpah ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pindah ke slot sebelahnya. dan pastikan sebelumnya dibersihkan dulu pakai kwas, supaya kotoran dislot RAMnya bersih dari kotoran.

      Delete

Terimakasih, anda mau memberi komentar yang nyambung dengan tulisan saya.